Submit your 
content Every Day to 25 social 
bookmarking sites, all on unique 
C class IPs... FREE.

Mengatasi Bau Mulut

Posted on | Sabtu, 12 Februari 2011 | No Comments

Mengatasi Masalah Bau Mulut
Sahabat engkau pastilah setuju bahwa memiliki bau mulut yang kurang sedap dapat membuat diri kehilangan kepercayaannya, kehilangan teman bicara, dan segudang masalah lainnya,  ya begitulah akibatnya kalau nafas kita bau tak sedap (bau naga)


Nah sebelum kita, bahas tipsnya baiknya kita ketahui dulu seputar masalah bau mulut.


Penyebab Bau mulut?
Bau mulut (halitosis) dapat muncul akibat tidak teraturnya kegiatan membersihkan gigi. Bisa juga merupakan pertanda adanya masalah kesehatan serius, seperti liver, lambung, saluran pernapasan serta ginjal akut. Sedangkan penyakit gigi dan mulut penyebab napas tak sedap di antaranya gigi berlubang, radang gusi, gingivitis karena karang gigi, dan periodontitis. Bau mulut juga bisa muncul gara-gara makanan yang anda konsumsi dan kebiasaan tidak sehat lain, seperti merokok.






Mengatasi Bau Mulut
1. Biasakan menyikat gigi
Hindari bau mulut dengan membiasakan diri menyikat gigi, baik dengan atau tanpa pasta gigi setiap kali habis makan. Ini membuat sisa-sisa makanan yang sangat disukai bakteri akan hilang. Bersihkan sela-sela gigi, gusi, dan lidah anda dengan teliti. Bersihkan tumpukan kotoran yang mengeras dari pinggir-pinggiran gusi.
2. Kumur-kumur atau gosok permukaan lidah
Berkumur-kumur sehabis makan untuk membilas sisa-sisa makanan. Anda bisa menggunakan cairan antiseptik pencuci mulut untuk mengurangi bau mulut. Atau, secara sederhana anda dapat menggosok permukaan lidah anda secara perlahan untuk menghilangkan air liur yang menumpuk di situ.
3. Minum air putih banyak-banyak
Minumlah air putih banyak-banyak untuk mencegah air liur anda menumpuk di lidah dan tenggorokan. Ini akan mencegah bakteri berkumpul dalam rongga mulut anda.
4. Rawat gigi anda yang berlubang
Tips di atas mungkin bisa mengurangi bau mulut, tetapi tidak secara langsung mengatasi penyebabnya. Untuk itu anda harus mencari penyebab bau mulut dan berkonsultasi dengan dokter gigi anda. Rawatlah gigi anda yang rusak. Tamballah lubang gigi anda. Bila perlu tutuplah sela-sela gigi yang bisa menjadi tempat sisa makanan menumpuk.
5. Obati infeksi gusi dan gigi.
Segera obati gusi anda yang luka sebelum menjadi infeksi yang parah. Bila perlu cabut gigi anda yang bermasalah. Yang paling baik memang menyingkirkan sumber masalah bau mulut anda. Namun demi hasil yang baik, anda harus meminta jasa perawatan dari ahlinya, yaitu dokter gigi.
6.Cegahlah konstipasi
Salah satu penyebab bau mulut adalah gangguan pencernaan yang menyebabkan sulit buang air besar, atau biasa disebut konstipasi. Untuk mengatasi konstipasi, banyak-banyaklah makan makanan yang berserat, air putih dan olahraga yang teratur.


Ramuan Herbal Untuk Menghilangkan Bau Mulut
Ramuan I
Bahan-bahan
Daun beluntas, daun kunyit muda, dan daun kemangi.
Cara memakai
Ketiga bahan tersebut digunakan sebagai lalapan. Disarankan untuk mengonsumsinya setiap hari.


Ramuan II
Bahan-bahan
Lima lembar daun sirih.
Cara membuat
Daun sirih direbus dalam dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Campur air rebusan daun sirih tadi dengan garam secukupnya.
Cara memakai
Diminum sehari sekali sebanyak setengah gelas sekali minum.


Ramuan III
Bahan-bahan
Dua jari temulawak.
Cara membuat
Temulawak dicuci bersih, kemudian direbus. Selain untuk menghilangkan bau mulut dan menyegarkan napas, ramuan ini juga bisa melancarkan pencernaan.
Cara memakai
Diminum satu kali sehari sebanyak setengah gelas.

Baca Juga :
Menjaga Kebugaran Tubuh
Tips Menjaga Rambut Agar Tidak Mudah Rontok

Anda sedang membaca artikel tentang Mengatasi Bau Mulut dan anda bisa menemukan artikel Mengatasi Bau Mulut ini dengan url http://kesehatanharian.blogspot.com/2011/02/sahabat-engkau-pastilah-setuju-bahwa.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Mengatasi Bau Mulut ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Mengatasi Bau Mulut sebagai sumbernya.

Comments

Leave a Reply

Sahabat-Sabata di tunggu comentnya lho !

Entri Populer

DechaCare.com, Situs Pelayanan Kesehatan
Informasi Obat, Informasi Kesehatan, Forum Kesehatan, Kalender Kesehatan, Humor Kesehatan, Situs Pelayanan Kesehatan
Holiday Calendar

Pengikut