Submit your 
content Every Day to 25 social 
bookmarking sites, all on unique 
C class IPs... FREE.

Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan

Posted on | Rabu, 23 Februari 2011 | No Comments

bahaya mie instan
Bagi Para penggemar Mi Instan, pastikan Anda punya selang waktu paling tidak 3(tiga) hari setelah Anda mengkonsumsi Mi Instan, jika Anda akan mengkonsumsinya lagi. Dari Informasi kedokteran, ternyata terdapat lilin yang melapisi mi instan. Itu sebabnya mengapa Mi Instan tidak lengket satu sama lainnya ketika dimasak. mengkonsumsi Mie Instan setiap hari akan meningkatkan kemungkinan seseorang terjangkiti kanker dan penyakit / gangungan lain yang berhubungan dengan metabolisme.


Mi instan memiliki sifat praktis dan mudah dalam pengolahannya. Mungkin alasan kepraktisan ini membuat mi instan banyak disukai orang, terutama mereka yang tidak memiliki banyak waktu dan cenderung senang sesuatu yang instan. Selain itu, rasa mie instan yang gurih dan beraneka ragam menambah daya tarik untuk mengkonsumsinya. Namun kalau kita cermati kandungan sebuah mie instant, betapa mengejutkan sekali isi kandungan didalamnya baik itu dari segi asal bahan maupun nilai kehalalnnya. Itu sebabnya kita harus lebih teliti, Karena kesehatan adalah sebuah pilihan.




Berikut ini bahan-bahan yang harus diwaspadai dalam mie instan.


1. Bumbu dan pelengkap
Bumbu yang digunakan antara lain adalah MSG atau vetsin. Titik kritisnya adalah pada media mikrobial, yaitu media yang digunakan untuk mengembangbiakkan mikroorganisme yang berfungsi memfermentasi bahan baku vetsin. Sedangkan bahan pelengkap mie instan adalah bahan-bahan penggurih yaitu HVP dan yeast extract. HVP atau hidrolized vegetable protein merupakan jenis protein yang dihidrolisasi dengan asam klorida ataupun dengan enzim. Sumber enzim inilah yang harus kita pertanyakan apakah berasal dari hewan, tumbuhan atau mikroorganisme. Kalau hewan tentu harus jelas hewan apa dan bagaimana penyembelihannya. Sedangkan yeast extract yang menjadi titik kritis adalah asam amino yang berasal dari hewan.


2. Bahan penambah rasa
Bahan penambah rasa atau flavor selalu digunakan dalam pembuatan mie instan. Bahan inilah yang akan memberi rasa mie, apakah ayam bawang, ayam panggang, kari ayam, soto ayam, baso, barbequ, dan sebagainya. Titik kritis flavor terletak pada sumber flavor. Kalau sumber flavor dari hewan, tentu harus jelas jenis dan cara penyembelihannya. Begitupun flavor yang berasal dari rambut atau bagian lain dari tubuh manusia, statusnya adalah haram.


3. Minyak sayur
Minyak sayur menjadi bermasalah bila sumbernya berasal dari hewan atau dicampur dengan lemak hewan.


4. Solid Ingredient
Solid ingredient adalah bahan-bahan pelengkap yang dapat berupa sosis, suwiran ayam, bawang goreng, cabe kering, dan sebagainya. Titik kritisnya tentu pada sumber hewani yang digunakan.


5. Kecap dan sambal
Kecap dan sambal pun harus kita cermati. Kecap dapat menggunakan flavor, MSG, kaldu tulang untuk menambah kelezatannya. Sementara sambal menggunakan emulsifier untuk menstabilkan campurannya. Emulsifier dapat berasal dari sumber hewani yang harus kita ketahui dengan jelas.


Berikut ini ada sedikit tips, memasak mie instan agar lebih aman (namun dianjurkan jangan sering-sering mengkonsumsi mie instant)
Masak air sampai mendidih, dengan takaran air dua kali lebih banyak dibandingkan anda masakan mie instan dengan cara biasa. jika air benar benar mendidih, pisahkan air menjadi dua bagian misalnya anda tuang ke dalam dua panci yang berbeda. Masukkan mie ke panci pertama (atau panci pencuci lilin mie), dan didihkan kembali. Tunggu hingga air menjadi agak menguning (ini tanda bahwa lapisan lilin yang terdapat di permukaan mie instan mulai luntur). Setelah itu, angkat dan tiriskan. Jika kamu menginginkan mie instan kuah, masukkan mie yang telah ‘dicuci’ ke dalam panci kedua, didihkan sebentar.

Baca Juga :
Jangan Lakukan 7 Hal Berikut Setelah Makan
Bahaya Merokok
Menjaga Kesehatan Mata

Anda sedang membaca artikel tentang Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan dan anda bisa menemukan artikel Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan ini dengan url http://kesehatanharian.blogspot.com/2011/02/bagi-para-penggemar-mi-instan-pastikan.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan sebagai sumbernya.

Comments

Leave a Reply

Sahabat-Sabata di tunggu comentnya lho !

Entri Populer

DechaCare.com, Situs Pelayanan Kesehatan
Informasi Obat, Informasi Kesehatan, Forum Kesehatan, Kalender Kesehatan, Humor Kesehatan, Situs Pelayanan Kesehatan
Holiday Calendar

Pengikut